Thursday, November 3, 2011

TUGAS MICE MERLIN MOL

Merlin mol convention centre terletak di kota Bandung, yang memiliki fasilitas sebagai berikut :
•    Parking space avaliable for 200 cars
•    Room numbers 320 rooms
•    Food and Beverages Service : Coffee shop, Gourmet Restaurant, Bar.
•    Other Services : Swimming Fool, Banquet Rooms, Function Rooms (Bali Room, Seram Room, Flores Room), fasilitas bank, money changer, telecomunication service, shopping centre

Sejauh ini telah dilaksanakan berbagai konvensi skala internasional dan nasional. Adapun pelayanan Pre, During and Post Conference Tours terbatas bagi atraksi-atraksi wisata di Jawa Barat dan DKI Jakarta.
Saudara diminta untuk memberikan pendapat tentang fasilitas dan pelayanan konvensi yang harus disediakan bagi pangsa pasar Merlin Mol.
Buatlah analisa kebutuhan fasilitas dan pelayanan yang ada saat ini serta kebutuhan masa yang akan datang (forecasting)

Jawaban

Menurut  saya Merlin Mol Convention Centre yang terletak di  Bandung  merupakan salah satu tempat yang menyediakan fasilitas cukup lengkap untuk pelaksanaan kegiatan MICE.  Di dukung dengan tersedianya jumlah kamar  yang  cukup untuk para peserta MICE skala besar , belum lagi ditambah dengan fasilitas tambahan  seperti shopping centre dan lain- lain yang dapat memudahkan  dan memberikan pengalamn yang berbeda kepada para peserta atau Event organizer yang mengadakan Event di tempat tersebut.  Suasana kota Bandung yang masih sejuk dan asri dan nyaman memberikan kesan tersendiri bagi para peserta konvensi .

Keberhasilan Merlin Mol Convention Center  dalam melaksanakan konvensi skala internasional dan nasional menunjukan kesiapan dari para staff-nya yang patut menjadi bahan pertimbangan bagi setiap Event Organizer.

Namun sejalan dengan perkembangan zaman tentunya Merlin Mol Convention Centre membutuhkan beberapa fasilitas dan  tambahan yang dapat menjadi bahan pertimbangan agar terus berkembang menjadi tempat penyelanggara kegiatan MICE yang  Terbaik.


Beberapa fasilitas yang mungkin ditambahkan:

•    Penambahan jumlah kapasitas parkir


Fasilitas penyediaan tempat konvensi di Merlin Mol convention Centre  yang bersamaan juga adanya fasilitas shopping centre dapat menimbulkan masalah kurangnya lahan parkir. Lahan parkir yang telah ada dirasa kurang cukup .
Dengan menambah lahan parkir atau membangun area gedung parkir  bertingkat tentunya dapat menghindari permasalahan area parkir.

•    Fasilitas Business Center

Penambahan fasilitas ini dimaksudkan agar para peserta konvensi  dapat menggunakan pelayanan Business centre yang diantaranya jasa pengetikan, foto copy ,penjilidan, penerjemah, jasa asisten pribadi  dan lain-lain serta juga penyewaan komputer serta jasa penyediaan internet yang  dapat menjadi sumber pemasukan tambahan bagi  Merlin Convention centre.


•    Penambahan Main Ball room

Ruang meeting di Merlin Mol Convention Center yang diantaranya Bali Room, Seram Room, Flores Room. Untuk menambah jumlah kapasitas function room perlu dibangun sebuah main ball room yang besar sehinga main ball room ini dapat digunakan untuk event bersifat masal seperti acara pernikahan, pameran , konferensi skala besar, musyawarah nasional dan lain-lain.

•    Membangun fasilitas Outbond
    Kota Bandung yang suasananya masih hijau, asri dan sejuk dapat dimanfaatkan untuk area     outbound. Kegiatan outbound dapat dilaksanakan sebagai Post Conference Tours Sehingga para     peserta konvensi dapat melaksanakan kegiatan outbound setelah kegiatan meeting.  Tentunya     kegiatan ini dapat memberikan pengalaman tersendiri kepada para pesertanya.

1 comment:

  1. Good, penjelasan agak kurang detail, terutama utk penambahan fasilitas..ex.lahan parkir (daya tampung diberi ulasan)
    Score: 80

    ReplyDelete