Sunday, October 2, 2011

KARAKTERISTIK SISTEM PEREKRUTAN KARYAWAN

Karakteristik Sistem dalam Penerimaan Karyawan



1. Mempunyai Komponen

Terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, dan bekerja sama membentuk satu kesatuan. Komponen-komponen sistem tersebut dapat berupa suatu bentuk subsistem ,setiap subsistem memiliki sifat dari sistem yang menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan. Yang termasuk Komponen komponen Tersebut Adalah:
Human Resources Department, Training Manager, Recruitment manager.

2. Mempunyai Batasan

Merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem lainnya
atau dengan lingkungan luarnya. ruang Lingkup Sistem penerimaan karyawan hanya terbatas untuk bagian Human resources

3. Mempunyai Lingkungan.
Bentuk apapun yang ada di luar ruang lingkup atau batasan sistem yang mempengaruhi operasi sistem tersebut
Lingkungan luar dapat bersifat menguntungkan dan merugikan. 

4. Mempunyai penghubung / antar muka (interface)

Sebagai media yang menghubungkan sistem dengan subsistem yang lainnya disebut dengan penghubung sistem atau interface melalui penghubung ini memungkinkan sumber-sumber daya mengalir dari suatu subsistem ke subsistem lainnya. Contohnya :sarana tempat hotel, program pengoperasian perekrutan karyawan .

5. Mempunyai Masukan (input)

Sergala sesuatu yang menjadi masukan ke dalam sistem perekrutan termasuk diantaranya data-data yang diperlukan dalam perekrutan karyawan( seperti contoh: Curiculum Vitae, Application letter )

6. Mempunyai Pengolahan (Processing)

Suatu sistem dapat mempunyai suatu bagian pengolah yang akan merubah masukan menjadi keluaran.
sehingga dalam sistem perekrutan karyawan Human Resources Department akan memproses semua surat aplikasi yang masuk . termasuk juga proses wawancara dan test-test lainnya.

7. Mempunyai Keluaran (Output)

Setelah memproses masukan (input) yang ada kemudian tentunya suatu sistem tersebut akan mempunyai keluaran (output) dari  hasil dan masukan dan pengolahan data-data yang ada.

8. Mempunyai Sasaran dan Tujuan

Suatu sistem pasti mempunyai tujuan (goal) atau sasaran (objective). Kalau suatu sistem tidak mempunyai sasaran, maka operasi sistem tidak akan ada gunanya.Suatu sistem dikatakan berhasil bila menggunakan sasaran atau tujuan yang di rencanakan.
Sasaran dan tujuan Sistem prekrutan karyawan tentunya demi mendapatkan karyawan baru yang akan menempati suatu posisi di dalam perusahaan yang memiliki kompetensi serta skill yang tepat dalam pekerjaannya

9. Mempunyai Kendali (Control)

Suatu sistem tentunya memerlukan kendali atau pengawasan dalam pengoperasiannya, sistem perekrutan karyawan sebaiknya memiliki standar penerimaan yang jelas serta terus diawasi kualitas hasil keluarannya(output) sehingga kendali terhadap penggunaan sistem akan terus terjaga.

10. Mempunyai umpan balik (feed back)

Penggunaan sistem tentunya akan menjadi lebih baik apabila sistem tersebut dapat menjembatani hubungan antara karyawan dngan Human Resources Department sehingga sistem tersebut dapat dianalisa sebagai sistem yang baik atau kurang baik. semua umpan balik yang diterima akan menjadi pertimbangan untuk menjadi landasan suatu keputusan perusahaan.

1 comment:

  1. kemarin dah dibahas kekurangannya. tolong diperbaiki tuk sebagai bahan ujian.


    thanks

    your score +1,5

    ReplyDelete