Sunday, October 16, 2011

TUGAS 2


1.Pertanyaan : Kenapa Informasi harus dikelola dengan baik dan benar oleh para tingkatan manajer?

  Jawaban: Informasi harus dikelola dengan baik dan benar oleh para tingkatan manager karena , informasi merupakan sumber data yang diolah menjadi bentuk informasi yang berguna untuk manajer sebagai dasar-dasar pengambilan keputusan.

2. Informasi yang dibutuhkan oleh para manajer harus mempunyai nilai :


  • Accurate:
berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak menyesatkan bagi orang yang menerima informasi tersebut. Selain itu juga berarti informasi harus jelas mencerminkan maksudnya.




  • Up To Date

Informasi harus selalu baru sesuai dengan kondisi yang ada sehingga informasi tidak terlambat datang . Informasi yang tidak Up to date mngekibatkan informasi yang sebelumnya menjadi mubazir.


  • Detail 

berati informasi yang dihasilkan atau dibutuhkan harus memiliki kelengkapan yang baik, karena bila informasi yang dihasilkan sebagian-sebagian akan mempengaruhi dalam pengambilan keputusan.


3.Informasi yang dibutuhkan oleh seorang pada tingkatan manajerial

  • Manajer tingkat perencanaan stratejik (strategic planning); 
merupakan manajer tingkat atas, seperti para jajaran Menteri, para 
eselon I, di mana keputusan-keputusan yang dibuatnya berkenaan 
dengan perencanaan stratejik yang meliputi proses evaluasi 
lingkungan luar organisasi, penetapan tujuan organisasi, dan 
penentuan strategi organisasi. 



  • Manajer tingkat pengendalian manajemen (management control); 
yang dikenal juga dengan istilah manajer tingkat menengah, 
mempunyai tanggung jawab untuk menjabarkan rencana stratejik yang 
sudah ditetapkan ke dalam pelaksanaannya dan meyakinkan bahwa 
tujuan organisasi akan tercapai. Termasuk dalam kelompok ini 
misalnya adalah Pejabat Eselon II, Kepala Kantor Wilayah, Kepala 
Dinas, dan Eselon III, Kepala Bagian/Bidang. 



  • Manajer tingkat pengendalian operasi (operational control)
merupakan manajer tingkat bawah misalnya eselon IV dan V, 
bertanggung jawab melaksanakan rencana yang sudah ditetapkan oleh 
manajer tingkat menengah, yang terwujud dalam operasi/kegiatan 
organisasi


1 comment:

  1. Jawaban point 1 dan 2 perlu dijelaskan lebih detail melalui contoh dan kasus ril di hotel. jadi tidak hanya penjelsan aja.

    thanks

    your score +1

    ReplyDelete